ADS LEVEL PAGE Tips Mengatasi Cegukan | BERITA KESEHATAN KELUARGA
HEADER 336x280
responsive

Tips Mengatasi Cegukan

ADSENSE IN ARTICLE AD
ADSENSE 336x280 bawah judul

Tips mengatasi cegukan

Informasi Kesehatan | Beberapa hari lalu, teman saya mengalami cegukan, tentu ini ialah hal yang masuk akal saja, namun cegukan ini menjadi agak tidak masuk akal ketika cegukan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, waktu itu hampir seharian ia mengalami cegukan. Cegukan sanggup amat sangat ringan, hilang sendiri dengan cepat, tapi sanggup pula amat mengganggu, apalagi, misalnya, ketika kita sedang melaksanakan presentasi di depan para hadirin dan mendadak cegukan. 
Tips mengatasi cegukan ini saya share lantaran beberapa hari kemudian orang terdekat saya mengalami cegukan yang tak lazim ibarat biasanya, walaupun hanya 2 hari tapi nampaknya sangat mengganggu aktifitasnya.
 namun cegukan ini menjadi agak tidak masuk akal ketika cegukan berlangsung dalam waktu yang cuku Tips mengatasi cegukan
Tips mengatasi cegukan | Informasi Kesehatan




Apa itu cegukan?
Cegukan (Hiccups) terjadi lantaran adanya kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya.



Apa yang mengakibatkan cegukan?
Cegukan disebabkan lantaran suatau ranggsangan ketika kita menarik nafas tiba-tiba dan cepat,sehingga udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru mengakibatkan glottis (ruang antara pita suara) menutup,sehingga akan menjadikan bunyi ''hiiik'' pada ketika cegukan.istilah medis untuk cegukan ialah singultus.Cegukan juga biasanya disebabkan oleh kondisi perut yang penuh. Berikut ialah beberapa faktor yang menciptakan perut terasa penuh.
  •     Makan terlalu banyak
  •     makan terlalu cepat
  •     Minum terlalu banyak alkohol
  •     Menelan terlalu banyak udara
  •     Merokok
·             Perubahan suhu yang mendadak di perut, ibarat minum minuman panas dan kemudian makan dalam keadaan panas
  •     Keadaan emosional ibarat stres atau gembira


Berapa usang cegukan berakhir?

Cegukan biasanya berhenti dalam beberapa menit atau bahkan jam. Namun, cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam disebut persistent hiccups atau cegukan terus-menerus. Cegukan yang bertahan lebih usang dari sebulan disebut intractable hiccups atau cegukan keras. Meskipun sangat jarang terjadi, cegukan keras sanggup mengakibatkan kelelahan, kurang tidur, dan penurunan berat badan. Cegukan yang terjadi terus-menerus merupakan menunjukan persoalan kesehatan yang lebih serius dan harus segera diperiksakan ke dokter.

Bagaimana cara mengobati/mengatasi cegukan?

Umumnya, cegukan hilang sendiri dalam beberapa menit atau jam dan tidak memerlukan pengobatan apa pun. Namun, apabila cegukan tidak sembuh-sembuh Anda sanggup melaksanakan sesuatu untuk mengatasinya, seperti:
  • Meminum air hangat sampai rongga lisan terisi penuh,kemudian membungkuk (posisi ruku') tutup hidung/tahan nafas. Sambil bangkit tegak telan air pelan-pelan dengan hidung tetap ditutup.
  • Tarik nafas dalam-dalam dan buang/ tampung di dalam kantong atau kertas tertutup selama kurang lebih 1 menit.Hidung dan lisan masuk ke dalam kantong tersebut, maksudnya untuk menahan dan meningkatkan kadar CO2,sebab menurunnya jumlah CO2 dalam darah sanggup mengakibatkan cegukan.
  • Tidur berbaring dengan kedua lulut ditekuk ke arah perut.lakukan teknik ini berulang-ulang hinga cegukan hilang.
  • Usapkan es ke dagu dan minum beberapa tetes air es. Dilarang keras menelas es watu ketika cegukan, sanggup salah masuk ke jalan napas dan sanggup mengakibatkan kondisi kritis. 
  • Atur nafas dan rileks.Tariklah nafas dalam kemudian keluarkan  perlahan-lahan.ulangi sampai beberapa kali. Bisa juga dengan teknik bernafas dengan menghirup udara dari salah satu lubang hidung dan keluarkan dari lubang hidung yang lainnya.ulangi secara bergantian.
  • Letakkan jari kita ke langit-langit, kemudian pijatlah dengan halus, langit-langit tersebut. Cara lain ialah letakkan pengecap di antara dua bibir dan tutup mulut. 
  • Menelan gula watu atau satu sendok gula pasir. Mampu menghentikan cegukan hanya dalam beberapa menit. Gula dipercaya sanggup merangsang saraf-saraf otot kita, terutama ketika otot diafragma mulai berkontraksi secara tidak teratur
  • Pijat pecahan belakang langit-langit dengan cotton bud, yang digerakkan secara perlahan ke depan dan ke belakang selama lebih kurang satu menit.

Itulah Tips mengatasi cegukan yang coba kami rangkum dari banyak sekali sumber, kalau tetap berlanjut tidak ada salahnya berkonsultasi ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalam..

Sumber http://inform-kesehatan.blogspot.com
ADSENSE 336x280 bawah artikel

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Cegukan"

Posting Komentar

FLOATING ADS